Memiliki hunian tanpa taman ibarat sayur tanpa garam, bisa dibilang kurang lengkap. Hunian yang lengkap dengan taman adalah impian semua orang, termasuk anda kan. Tapi, sayangnya tidak semua orang memiliki lahan yang cukup untuk dibangun taman. Terlebih lagi bagi rumah minimalis yang hanya memiliki lahan terbatas sehingga pemilik susah untuk membangun taman minimalis didepan rumah.

Tips Membangun Taman Minimalis

tips membangun taman minimalis

Betulkah lahan yang sempit merupakan kendala dalam membangun taman minimalis didepan rumah? Tidak juga. Anda masih bisa membangun taman dengan lahan yang terbatas loh. Tapi ada beberapa langkah-langkah membuat taman yang perlu anda perhatikan agar taman minimalis depan rumah terlihat cantik dan asri. Karena, jika anda salah menata, maka menyebabkan taman terlihat sumpek.

Baca Juga: 3 Cara Membersihkan Kerak Kamar Mandi

4 Langkah Membangun Taman Minimalis Sendiri

Lalu, adakah cara untuk membangun taman minimalis depan rumah agar bisa terlihat cantik dan indah? Untuk itu, anda bisa simak tips membangun taman minimalis depan rumah dibawah ini.

1. Hitung Luas Area Taman

Hal pertaman yang harus anda lakukan adalah menghitung luas area taman depan rumah. Menghitung luas area taman ini merupakan hal penting karena akan mempengaruhi konsep dan tema taman minimalis anda. Selain itu, luas dari area taman nantinya akan menentukan jenis dan jumlah tanaman.

Jika ukuran ruang minimalis depan rumah cukup ruangan, maka anda bisa menempatkan beberapa jenis tanaman hias, jika perlu ditambah dengan kolam. Kalau ukuran taman benar-benar terbatas, anda bisa menerapkan konsep taman vertikal dengan memanfaatkan dinding pada halaman ruamh.

2. Tentukan desain dan Konsep Taman Minimalis

Setelah menghitung area lahan taman minimalis, maka tips membangun taman minimalis yang kedua adalah membuat desain dan konsep taman. Kalau anda memiliki ruang yang cukup, maka anda bisa menambahkan kolam dan pancuran atau kursi taman untuk menciptakan kesan yang luas. Selain itu, anda bisa membuat jalan setapak dengan batu-batu untuk menambah keindahan taman.

Menentukan konsep taman juga mempengaruhi dalam pemilihan tanaman dan jenis media penempatan, seperti penanaman langsung atau menggunakan pot. Jika ingin menciptakan kesan yang luas pada taman, anda bisa menanamnya langsung pada tanah. Tapi jika area terbatas, maka terapkan konsep taman vertikal.

3. Pemilihan jenis Tanaman

Pemilihan jenis tanaman merupakan Tips Membangun Taman Minimalis yang ketiga. Jenis tanaman yang ingin digunakan harus disesuaikan dengan luas dan konsep taman minimalis. Anda harus memperhatikan kebutuhan tanaman akan cahaya matahari. Ada beberapa jenis tanaman yang kuat jika terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Pada umumnya, tanaman yang memiliki batang kayu terbilang kuat dan membutuhkan cahaya matahari yang banyak untuk membantu fotosintesis. Sedangkan, tanaman yang tidak berkayu hanya membutuhkan cahaya matahari sedikit. Sebaiknya pilihlah tanaman yang berukuran kecil, tapi mampu menciptakan kesan teduh, contohnya tanaman palem.

Anda juga bisa menanam pohon buah seperti mangga, dan rambutan. Tetapi pilihlah tanaman yang hasil cangkok, karena pohon tidak akan tumbuh besar. Sebagai pelengkap, jangan lupa juga anda menambahkan rumput jepang atau rumput golf sebagai penutup lahan terbuka. Dua jenis rumput ini sangat berkualitas dan dan tentunya mudah dirapihkan dibanding jenis rumput lain.

Baca Juga: Cara Membangun Dapur Minimalis

4. Konsultaasikan dengan Desain Eksterior Taman

membangun taman minimalis

langkah-langkah membuat taman yang terakhir adalah dengan mengkonsultasikan dengan Desainer Eksterior Taman. Mungkin ini terkesan membutuhkan biaya lebih, tapi lihatlah dari sisi yang berbeda. Dengan menggunakan jasa kontraktor taman, hasil yang didaptkan akan lebih memuaskan.

Selain itu, menggunakan jasa para ahli taman minimalis akan mengurangi biaya yang tidak terduga. Hal ini dikarenakan mereka sudah berpengalaman, sehingga kemungkinan kecil terjadi kesalahan dalam proses pembangunan.

Pastikan anda mendiskusikan dengan para ahli untuk menyesuaikan konsep dan desain taman minimali anda dengan tema interior serta eksterios hunian anda.

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Membangun taman minimalis depan rumah. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi anda semuanya.

Post Comment