Berbicara mengenai kontraktor pastinya sudah tidak asing lagi didengar oleh orang banyak. Tapi kebanyakan orang hanya mengerti tugas dari kontraktor, tidak mengetahui pengertian kontraktor itu sendiri. Untuk itu disini kami akan membantu menjelaskannya.

Pengertian Kontraktor

pengertian kontraktor dan tugasnya

Secara umum kontraktor adalah orang yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengak kontrak. Dimana jasanya ini sangat dibutuhkan oleh seseorang yang memiliki sedikit waktu dalam membangun sebuah bangunan. Ini pengertian secara umum, Lalu bagaimana pengertian kontraktor yang benar?

Kontraktor merupakan persamaan dari kata pemborong, kata kontraktor ini berasal dari kata kontrak, yang memiliki arti kesepakatan kontrak. Jadi pengertian kontraktor ini bisa kita samakan dengan orang ataupun badan usaha yang dikontrak untuk menjalankan sebuah proyek pekerjaan berdasarkan kesepakatan antara dua belah pihak.

Proyek yang dikerjakan ini dibatasi dengan item pekerjaan, biaya, serta waktu penyelesaian. Setiap orang tentunya bisa menjadi seorang kontraktor, sedangkan yang memiliki badan hukum biasanya berupa perusahaan CV maupun PT.

Tugas dan Tanggung Jawab Kontraktor

pengertian kontraktor

Tugas dan tanggung jawab seorang kontraktorr ini didasari pada pemilik proyek atau owner. Ternyata kontraktor juga bisa diawasi oleh tim pengawas yang sudah dikerjakan oleh pemilik. Kontraktor juga bisa melakukan konsultasi kepada tim pengawas dari pemilik jika suatu masalah terjadi dalam pelaksanaan proyek. Sebelum melakukan pekerjaan proyek, desain yang dibuat harus betul-betul sudah benar.

Ada beberapa tugas dan tanggung jawab kontraktor, antara lain:

  • Pekerjaan pelaksanaan kontruksi harus sesuai dengan peraturan seta spesifikasi yang sudah direncanakan didalam kontrak perjanjian.
  • Memberikan laporan kemajuan pelaksanaan proyek. Dalam artian laporan harian, laporan mingguan, dan laporan bulanan kepada pemilik proyek.
  • Laporan ini meliputi pelaksanaan pekerjaan, kemajuan pekerjaan yang sudah tercapai, Jumlah tenaga kerja yang digunakan, dan pengaruh alam.
  • Melaksanakan schedule kerja sesuai dengan rencana.
  • Menjaga seluruh alat yang berhubungan dengan pekerjaan.
  • Menyediakan tenaga kerja, bahan, serta tempat demi kelancaran.

Sebenarnya masih banyak tugas dan tanggung jawa seorang kontraktor dalam melaksanakan tugasnya. Hal terpenting yang harus dijaga adalah tiak membuat pemilik proyek kecewa.

Pada Penerapannya, seorang kontraktor biasa disebut sebagai pemborong dan memiliki kontrak kerja untuk membantu seorang pemilik proyek menyelesaikan tugas tersebut. Pada dasarnya, seorang kontraktor harus bisa mengkalkulasi perencanaan, analisis pengeluaran, sampai implementasi hal-hal yang dibutuhkan.

Diperkirakan ada sekitra 180.000 kontraktor aktif di Indonesia. Setiap kontraktor harus disertifikasi dan tentunya terigistrasi seperti apa yang sudah diatur dalam LPJK (Lemabaga Pengemabangan Jasa Kontruksi). Ada beberapa jenis jasa kontruksi yang sudah dibagai oleh LPSJ ini, seperti arsitektur, elektrikal, mekanikal, pekerjaan integrasi, sipil, serta tata lingkungan.

Macam-Macam Spesialis Kontraktor

Ternyata kontraktor ini tidak hanya kontraktor rumah aja, ada berbagai macam spesialis seorang kontraktor. Adapun spesialis kontraktor meliputi:

  • Pekerjaan kontruksi seperti pembangunan gedung, infrastruktur seperti jalan raya, pelabuhan, bandara, kolam renang.
  • Pengadaan Tenaga kerja
  • Pertahanan dan militer, seperti pengadaan seragam dan peralatan militer.

Mungkin itu saja yang bisa kami jelaskan mengenai pengertian kontraktor serta tugas dan tanggung jawab seorang kontraktor. Semoga apa yang kami sampiakan ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda. Jika saat ini anda sedang mencari jasa kontraktor, maka anda bisa menggunakan jasa yang ditawarkan dari PT. Mitra Jaya Abadi Surabaya, atau anda bisa menghubungi nomer kami dibawah ini.

Post Comment